[Novel] HYOUKA

Hai, hai, hai! Halo, Semua ...!

Bertemu lagi denganku di precious blog satu ini!
Setelah memposting prolog untuk blog-ku, akhirnya aku bisa melanjutkannya pada postingan perdananya! Iyeeeiii XD
Pasti kalian sudah membaca prolog-nya, 'kan? Apa? Belum? Oh ... tidak bisa. Kalian pokoknya juga harus membaca prolog blog ini untuk mengetahui siapa aku dan konten apa yang akan berkeliaran di blogku ini. Ayo, cepat baca! Go, go, go! (maksa abis)

Nah, bagi yang sudah baca pasti kalian sudah tidak kaget dengan pembahasan yang kuangkat kali ini.
Yup, sesuai judulnya, kali ini aku akan membahas novel yang AKHIRNYA dapat terbit di Indonesia dengan edisi berbahasa Indonesia pastinya! *tepuktangansemangat*
Novel yang berasal dari negeri Jepang ini sejatinya pertama kali dipublikasikan di negara asalnya pada tahun 2001, guys! Dan AKHIRNYA (lagi-lagi capslock), setelah 16 tahun berlalu novel berjudul Hyouka ini secara resmi terbit dengan edisi bahasa Indonesianya! #penulisbahagia

Ingat!
Buku ini berbentuk novel. Buku yang hanya berisi rantaian tulisan kata demi kata. Tidak ada gambar sedikit pun seperti jenis light-novel. Apalagi full gambar seperti jenis komik/manga.

Sekarang aku akan membahas kilasan luar dari novel Hyouka ini.
Hyouka berhasil dibawa ke Indonesia secara resmi oleh Penerbit Haru dan cetakan pertamanya diterbitkan pada bulan Desember tahun 2017 lalu. Yah, walau sudah beda tahun, tapi nyatanya cuma beda sebulanlah ya .... So, novel ini masih fresh from the oven banget!
Novel Hyouka karya Yonezawa Honobu merupakan novel pertama dari kelima seri Kotenbu (古典部) atau berartikan Klub Literatur Klasik. Berkat novel Hyouka, sang penulis mendapat penghargaan mystery writers of Japan Awards dan Shugoro Yamamoto Prize.

Cover Hyouka

Hyouka menceritakan tentang seorang karakter utama anak laki-laki yang bersekolah di SMA Kamiyama bernama Oreki Houtarou, yang menyebut dirinya sendiri sebagai pemuda hemat energi. Ya, dengan kata lain, malas beraktivitas. Dia pun memiliki sebuah moto hidup yang berbunyi:

"Kalau tidak perlu dikerjakan, lebih baik tidak usah dikerjakan. Tapi kalau harus dikerjakan, lakukan dengan praktis."
Oreki Houtarou

Ngeselin banget, 'kan, quote dia itu -_-

Kehidupan abu-abu Houtarou pun berubah semenjak ia masuk ke dalam Klub Sastra Klasik (walau dirinya pun terpakasa) dan setelah mengenal seorang anak perempuan, yang seangkatan tapi berbeda kelas dengannya, yang bernama Chitanda Eru. Gadis ini memiliki paras yang cantik dan anggun, akan tetapi semua itu buyar jika rasa penasarannya sudah mencapai maksimal. Rasa penasaran inilah yang membuat Houtarou menjadi harus melangkah keluar dari garis moto hidupnya hanya untuk memuaskan rasa penasaran Chitanda.
Selain itu, kehidupan Houtarou juga ditemani oleh Fukube Satoshi, yang menyebut dirinya sebagai seorang database karena berbagai informasi random yang ia miliki, serta Ibara Mayaka yang merupakan seorang anak perempuan kenalan Houtarou semasa SD yang berwajah baby-face tetapi tidak memiliki relasi yang kurang baik dengan si tokoh utama.

Berkat rasa penasaran Chitanda Eru, kehidupan Oreki Houtarou pun perlahan berubah. Karena mau tidak mau Houtarou harus memecahkan beberapa hal misteri meski hal tersebut sepele sekali pun, seperti:
1. Bagaimana Chitanda bisa berada di dalam kelas padahal Houtarou baru saja membuka ruang klub dengan kunci yang ia pinjam dari ruang guru? Dan ...
2. Keanehan sebuah buku tebal yang selalu dipinjam di perpustakaan dan dikembalikan juga pada hari yang sama setiap minggunya dengan orang yang bebeda.
... Sepele banget, 'kan?

Tapi, semua mulai memasuki tahap serius di saat Chitanda meminta bantuan kepada Houtarou untuk membantunya mengingat kejadian masa kecil Chitanda yang entah kenapa Chitanda sendiri pun tidak dapat mengingat apa yang dikatakan pamannya yang sangat ramah dulu sehingga ia menangis histeris. Serta, sejarah sekolah yang sengaja dikubur yang entah mempermasalahkan apa sehingga membuat seorang siswa dikorbankan dengan dikeluarkan dari sekolah.
Misteri tersebut hanya dapat dipecahkan melalui sebuah antologi Klub Sastra Klasik tahunan berjudul aneh, yaitu 氷菓 (Hyouka), yang ditemukan hanya tersimpan mulai dari edisi ke-2 terbitan tahun 1968. Volume pertama dari antologi tersebut menghilang seperti sengaja menutupi suatu hal yang dianggap sebagai aib.

Tampilan Belakang novel Hyouka

Untuk versi Indonesia dari Hyouka yang sudah aku baca ini, bisa kubilang sangat bagus! Tuturan kata demi kata yang tercetak dalam buku ini begitu mengalir, tidak terasa seperti terjemahan novel yang kaku. Apalagi cerita novel Hyouka ini juga dibumbui oleh genre misteri sehingga walau dilatarbelakangi oleh Klub Sastra Klasik, novel ini berhasil membuat para pembacanya terus membalik halaman demi halaman dengan disertai rasa penasaran seperti Chitanda Eru ^^
Seperti genre misteri pada umumnya, pembaca dituntut untuk dapat menyimak segala hal yang ada agar dapat mengerti bagaimana terjadinya misteri tersebut dari klu-klu yang ditemukan dan pastinya diperbolehkan untuk menduga-duga jawabannya.

Novel Hyouka ini juga sudah mendapatkan adaptasi ke dalam bentuk anime berjumlah 23 episode pada tahun 2012 lalu serta ke dalam bentuk manga yang sudah mencapai 11 jilid dan masih berlanjut hingga sekarang.

Manga Hyouka volume 3
Dan juga sudah diadaptasi menjadi film live-action pada bulan November 2017 kemarin yang diperankan oleh Yamazaki Kento sebagai Oreki Houtarou dan Alice Hirose sebagai Chitanda Eru.

Live-Action Hyouka
Karena aku baik hati, kukasih sekalian trailer dari live-action Hyouka di atas, deh ...


Bagaimana? Merasa tertarik untuk mengulik isi novel Hyouka lebih lanjut?
Novel Hyouka sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat. Walau Hyouka bukan diterbitkan oleh penerbit raksasa seperti penerbit Gramedia lainnya, akan tetapi Penerbit Haru patut diperhitungkan dalam menerbitkan buku-buku yang tidak kalah menarik dari terbitan Gramedia.
Buku ini dibandrol dengan harga Rp 69.000 yang menurutku worth it dikarenakan suguhan cerita yang memukau di dalamnya.

Akhir kata,
Ciao~

Comments

  1. OHMAI ! aku juga mau novel Hyouka ! ngomongngmong min, yang publish ini juga publish " iwant to eat you pancreas" loh <3<3<3<3

    ReplyDelete
  2. Baru tau kalau Hyoka ada Novelnya juga, taunya cuma animenya aja... Mantep...

    ReplyDelete
  3. saya gatau ini apa, tapi sepertinya menarik...

    ReplyDelete
  4. kebetulan baru pernah lihat animenya, kayanya versi light novel juga seru ya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts